Tweet

 

Pada tanggal 9 Juni 2022 kemarin, tepat 45 tahun yang lalu, Toyota Kijang hadir di Indonesia dengan konsep Basic Utility Vehicle (BUV) guna memenuhi kebutuhan kendaraan niaga yang tangguh dan andal.

Menerapkan spirit Genchi Genbutsu atau “mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya” dan continous improvement, Toyota mencatatkan satu persatu milestones bersama Kijang bermodalkan kemampuan beradaptasi dan kekuatan inovasi yang membuat Multi-purpose Vehicle (MPV) ini terus bertransformasi dalam mendukung beragam mobilitas masyarakat hingga ke pelosok negeri dari masa ke masa, bahkan dipasarkan ke mancanegara.

“Toyota Kijang adalah bagian penting dari 50 tahun perjalanan Toyota di Indonesia. Kijang menjadi cermin semangat Toyota dalam mewujudkan Mobility Happiness for All dengan menghadirkan ever-better cars yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dari masa ke masa,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda.

“Berawal dari kendaraan niaga, berkembang menjadi kendaraan keluarga, hingga menjadi MPV premium, kini Toyota Kijang telah menjadi ikon otomotif Indonesia yang mendunia bermodalkan kualitas berstandar global,” lanjutnya.

Kisah kelahiran Kijang tidak dapat dipisahkan dari program Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KBNS) yang dicanangkan oleh pemerintah di awal tahun 1970-an.

Pemerintah menginginkan ada kendaraan dengan harga terjangkau yang bisa dibeli oleh seluruh lapisan masyarakat dalam menunjang pembanguan di masa itu.

Di saat bersamaan, Toyota sudah mengidentifikasi adanya kebutuhan kendaraan komersil serbaguna berharga terjangkau di negara berkembang dengan menginisiasi project Basic Utility Vehicle (BUV) di tahun 1972.

Setelah melalui serangkaian proses, lahirlah Toyota Kijang pada 9 Juni 1977, di mana nama Kijang dipilih karena dianggap sesuai dengan konsep KBNS dan BUV, yaitu kendaraan yang ‘lincah dan gesit’.

Saat pertama kali diperkenalkan, sebagai sebuah BUV Kijang memiliki ciri-khas tersendiri yaitu posisi mesin yang berada di depan.

Sehingga Kijang memiliki ‘hidung’ alias bonnet yang lebih aman ketimbang model pick-up dengan mesin di bawah tempat duduk depan, serta lebih nyaman karena tidak ada gangguan panas dan suara mesin.

Keunggulan tersebut mendorong Toyota untuk memproduksi Kijang tipe cab berlantai sebagai platform karoseri yang menjadi basis minibus.

img

img

img

Sumber: https://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/read/toyota-kijang-berevolusi-menjadi-ikon-otomotif-nasional-dan-cermin-semangat-toyota-dalam-mendukung-mobilitas-selama-45-tahun

 

Komentar via Facebook

ARTIKEL TERBARU

berita TOYOTA TRADE IN

Hanya di Toyota Trade-inUpgrade mobil kamu dengan praktis,

berita Toyota Kijang Berevolusi Menjadi Ikon Otomotif

  Pada tanggal 9 Juni 2022 kemarin, tepat 45 tahun

berita Jangan Asal Pindah Lajur, Lakukan 6 Langkah Am

By  salsa   Rasanya kamu sudah sangat paham

berita T-Intouch ADVANCED CONNECTIVITY | LIVE WITH MO

T Intouch adalah teknologi telematika yang

berita Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Melakukan Si

By  salsa   Untuk pengajuan kredit mobil,

ARTIKEL TERPOPULER

berita Lihat Fitur – Fitur Andalan Toyota Calya ini

Toyota Astra Motor  telah merilis Astra Toyota Calya

berita Calya Laris Manis, Toyota Genjot Produksi

Toyota Calya sebagai kendaraan murah ramah lingkungan

berita TOYOTA Bangga Ikut Ambil Bagian Dalam ASIAN GA

Suara.com Dijumpai Suara.com via telepon sehari

berita Generasi Kesembilan Toyota Land Cruiser Tingga

TOKYO  Toyota Land Cruiser sejak diluncurkan 2007,

berita TOYOTA TEAM INDONESIA Jadi Cara Uji Ketangguha

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG Toyota Team Indonesia (TTI)

scroll up