Tweet

Fog lamp atau lampu kabut telah melengkapi banyak mobil keluaran terbaru saat ini.

Namun tidak banyak orang paham dengan kegunaan dan penggunaan lampu ini dengan benar. Banyak penggendara yang senang menyalakan lampu kabut pada malam hari, namun ternyata hal ini bukan hal yang tepat untuk dilakukan.

Di negara eropa penggunaan fog lamp sudah menjadi aksesoris standart yang wajib di miliki pengendara sejak tahun 1980, namun hal itu masih belum terjadi di indonesia, nyatanya di negara berkembang ini penggunaan fog lamp juga dilarang jika terus menerus di nyalakan, karena bias sinarnya bisa membahayakan pengendara yang lainnya.
Selain itu sebuah aksesoris lampu yakni daytime running lights (DRL) biasanya juga dinyalakan dengan lampu kabut dan lampu utama di malam hari.  Hal ini kurang baik untuk dilakukan karena dapat membuat pandangan pengendara lainnya silau.

Idealnya, fog lamp itu menggunakan bohlam halogen, karena daya tembus cahaya yang berwarna kuning lebih baik daripada cahaya yang berwarna putih pada saat terjadi hujan atau kabut.

Polisi memberi saran yaitu saat yang tepat untuk menyalakan fog lamp  adalah ketika hujan lebat mengguyur apalagi jika terjadi pada malam hari atau seperti namanya ketika  jalanan sedang berkabut. Bukan tanpa alasan, hal ini karena sorotan fog lamp cenderung fokus ke satu arah daripada pendaran cahaya head lamp yang lebih menyebar jauh ke arah depan.

Selain untuk menunjang fungsi dari komponen mobil yang lain, fog lamp ini juga dapat memperindah tampilan bodi mobil anda. Pada umumnya varian mobil asli tidak dilengkapi slot yang menyediakan tempat untuk fog lamp,jadi anda dapat memasang fog lamp sebagai aksesoris tambahan tanpa harus melakukan modifikasi di bagian bamper.

Peletakan fog lamp di bagian bamper mobil juga bukan tanpa alasan, tujuannya saat fog lamp memiliki intensitas cahaya yang relatif tinggi itu tidak akan mengganggu pandangan pengendara lain yang ada di arah depan kita.

Selain itu Anda juga disarankan untuk memasang lampu kabut dari aksesoris yang resmi. Hal ini untuk mencegah pemasangan yang tidak presisi, atau mengganggu pandangan pengendara di depan.  

 

 

Sumber : http://www.toyota.astra.co.id

 

Komentar via Facebook

ARTIKEL TERBARU

berita Cara Pasang Lampu Kabut atau Foglamp Mobil Sup

Lampu kabut punya tugas membantu pandangan pengemudi yang

berita Lampu yang harus Dinyalakan Saat Hujan Deras,

Masih banyak orang menyalakan lampu hazard atau lampu

berita Tips Berkendara di Musim Hujan

Belakangan ini curah hujan semakin tinggi. Jangan sampai

berita Tips Cara Membersihkan Mika Lampu Mobil yang K

Mika lampu mobil bisa berangsur-angsur kusam karena

berita Toyota New Global Architecture

Mobil Yang Mampu Melampaui Ekspektasi

ARTIKEL TERPOPULER

berita Ketahui Penyebab Utama dari Kebocoran Pada Ste

Mobil Toyota yang sudah dilengkapi dengan power steering

berita Inilah Beberapa Kerusakan Yang Sering Terjadi

Mobil Toyota yang menggunakan power steering memang

berita Wajib Periksa Wiper Mobil Toyota Anda Saat Mus

Kaca depan mobil sudah mulai terlihat kusam dan terdapat

berita Tips Aman Berkendara Ketika Kondisi Jalan Berk

Masalah cuaca buruk sering terjadi di beberapa daerah di

berita Trik Mudah Menjaga Kinclong Mobil Saat Musim H

Perawatan kendaraan yang salah tak hanya akan membuat mobil

scroll up